Perjalanan Hidupku

Saya dilahirkan di desa kecil di lereng gunung merbabu. Terkenal dengan legenda “Joko Tingkir”. Nama tepatnya adalah Desa Tingkir Tengah. Merupakan desa bagian dari Kecamatan Tengaran, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah. Seiring dengan perkembangannya, kini Tingkir menjadi sebuah kecamatan yang merupakan bagian dari Kotamadya Salatiga.

Semasa kecil kehidupan kami sangat sederhana, dan apa adanya. Hanya mengandalkan usaha ayah yang buka bengkel sepeda, saya dan saudara tetap dengan semangat untuk mengenyam pendidikan dari SD sampai dengan SMA. Kebetulan saja, setamat dari SMA kakak saya yang di Gresik bersedia untuk membiayai saya untuk melanjutkan Kuliah yaitu di UPN Surabaya. Saya sangat menghargai usaha dari kakak, dengan tidak menyia-nyiakan kesempatan ini. Dengan segala cara yang benar, dengan dana yang terbatas saya berusaha untuk mengejar nilai yang bagus. Dengan cara rajin masuk kuliah, mencatat semua yang diajarkan dosen, dan meminjam buku dari teman untuk difoto copy (karena tidak mampu untuk membelinya). Seingat saya, dari semester pertama sampai akhir kuliah, buku cetakan yang saya beli bisa dihitung dengan jari tangan.

Tapi, alkhamdulillah, berkat kemurahan Allah S.W.T., saya bisa memperoleh IP selalu di atas 3.00, dan bisa lulus tepat waktu yaitu Desember 1992. Kebetulan saya cowok satu-satunya  di antara delapan mahasiswa yang lulus Gelombang I. Terima kasih Allah, terima kasih Ayah & Ibu, terima kasih kakak, terima kasih saudara-saudaraku, dan terima kasih orang-orang yang dekat denganku.

Sedikit gambaran, berikut saya sampikan secara singkat dataku :

PERSONAL DETAILS

NAME : Slamet Sriyanto                    NATIONALITY : Indonesia               ADDRESS : Bekasi                           RELIGION : Moslem                           PHONE : 88962853 (H)                  BLOOD : -O-                                        .              0811138305 (M)              HEALTH : Good                                 PLACE/DOB : Semarang/01-02-69 H / W : 168cm/70kg                           MARITAL STATUS : Married – 2 ch

Formal Education

1988 – 1992 * UPN “Veteran” Surabaya Major : Bachelor Degree of   Accountancy

Working Experience

Dec ’98 ~ Now : PT. Sansyu Precision Indonesia – Bekasi (Electronic Componen), as a Head of Finance/Accounting

Dec ’96 ~ Nov ’08 : PT. Dharma Gouriki Garment Indonesia – tangerang, as a Chief Accounting

Feb ’94 ~ Nov ’96 : PT. Karunia Indonusa – Jakarta (AMDK), as a Chief Accounting

May ’93 ~ Sept ’93 : PT. Adhi Jaya Lima Perdana – Ujung Pandang (General Contractor), as a Coordinator Inventory

KELUARGA

Istri saya adalah teman kuliah (satu angkatan) di UPN. Kami menikah tanggal 1 Juni 1996. Setelah menikah kami tinggal di sebuah rumah kontrakan di Tangerang. Kebetulan tempat kerja kami di kota Tangerang, sampai dengan November 1998. Selama waktu itulah kesulitan-kesulitan dan cobaan-cobaan kami hadapi dengan sabar. Sampai akhirnya Allah memberiku rizki sehingga bisa memiliki sebuah sepeda motor dan rumah BTN.

Tapi justru waktu itulah (Nov’98) kami dihadapkan dengan sebuah pilihan yang sangat sulit. Saya ditawari kerja di daerah Cikarang, daerah yang belum pernah saya kenal sebelumnya. Jaraknya kira-kira 3 jam perjalanan dengan kendaraan (waktu normal). Di Tangerang kerja dekat, rumah ada, tapi kondisi perusahaan tidak menjanjikan. Di Cikarang, rumah belum ada, saya mesti pisah dengan istri, kondisi perusahaan belum tahu.

Akhirnya, dengan pertolongan Allah kami putuskan untuk saya terima tawarannya. Dan istri pun menunjukkan jiwa besar dan kesetiaannya kepada suami, dengan mengalah untuk ikut tinggal bersama di Bekasi, dengan resiko perjalanan menuju tempat kerja yang cukup jauh.  Kami tinggal di Bekasi, di sebuah rumah saudara yang kebetulan tidak ditempati waktu itu. Sampai akhirnya kami dikarunia anak pertama (15-02-2000).  Kehidupanpun terus berkembang, dan anak kedua kami pun lahir tanggal 18-12-2001, dan lebih dari itu semua, Allah juga memberikan kemurahan rizki sehingga kami bisa memiliki rumah tahun 2003 yaitu di Jl. Cendrawasih II/B-89, Bekasi, dan akhir tahun 2007 kami tukarkan dengan rumah di Jl. Cendrawasih VI / B-167 Bekasi yang kami tempati sampai sekarang. Sedangkan rumah yang di Tangerang dibeli/ditempati oleh keponakan kami.

Begitulah sejarah singkat kehidupan kami, mungkin bisa menjadi dorongan atau motifasi bagi pembaca, bahwa dengan segala keterbatasan, dengan perjuangan yang gigih kita bisa maju.

Wassalam

Yanto.

Leave a Reply

